Selasa, 25 Agustus 2015

Posted by Wonder Woman on 22.24 No comments
IMG_3257
Saya paling suka pelajaran sejarah, sejak SD pelajaran IPS selalu menjadi fav saya (well kalau sekarang namanya ganti harap maklum saya angkatan tua #eh). Ada satu hal di antara part sejarah indonesia yang membekas dipikiran saya adalah cerita tentang Herman Willem Daendels, lebih tepatnya part tentang kekejamannya dengan kerja rodi, salah satunya membangun jalan antara anyer – panarukan (banten – jawa timur) katanya ada 1000 km panjangnya. Well kejam tapi berguna untuk sekarang. Diluar segala macam sejarah kekejamannya, semua setuju bukan, jalan yang dibangun itu sangat berguna untuk penduduk indonesia kemudian.
0
Saya tidak berencana membahas tentang kekejaman si Daendels, alasan dia harus bangun jalan itu dan lain sebagainya, walau sebagai calon sejarahrawan gagal saya seneng banget diskusi masalah sejarah. #lets grap coffe and talk about IT.
Sebelum saya melantur lebih jauh, saya sedang ingin sekali membahas mimpi saya bisa menelusuri saksi bisu sejarah kelam indonesia, melewati jalan dimana ribuan rakyat indonesia harus berkorban. Karena sebagai pecinta sejarah, tentu saja tidak bisa dilewatkan bukan!
2040801_20130108045919
Sejarah dan perjalanan roadtrip selalu menyenangkan bukan
Ini bukan sekedar mimpi tapi sudah masuk wishlist saya, sudah saya persiapkan dari jauh-jauh hari. Karena saya berharap tahun ini akan menjadi waktu yang tepat, sudah banyak persiapan yang sudah saya lakukan.
  1. Nabung >> tentu saja everything have price right?
  2. Gak ambil cuti sejak tahun lalu, masalah terbesar perjalanan roadtrip sepanjang itu adalah waktu, dibutuhkan minimal 2 minggu full untuk enjoy setiap moment di kota –kota yang disinggahi.
  3. Memilih Kendaraan yang pas untuk perjalanan darat yang lama. Yang wajib ada kudu hemat BBM secara BBM sekarang galau naik turun dan naik terus, safetynya bagus, bukan mobil kaleng kerupuk, dan mumpuni untuk jalan darat yang panjang.
Untuk tabungan saya rasa udah cukup, indahnya tinggal di indonesia semua tidak terlalu mahal kok, asal kita gak gaya syahrini aje. Untuk kendaraan saya dan teman saya sudah sepakat akan mengunakan Toyota Agya.
agya_hometop
Karena kami hanya akan berdua melakukan misi ini (karena sudah pengalaman, lebih dari 2 orang perjalanan darat, yang ada lebih banyak bertengkar daripada happy2). Kami tentu saja tidak akan memilih mobil semi truck alias mobil gedeeee yang bahan bakarnya super boros. Setelah buka-buka, cari info sana sini, Tanya yang udah pengalaman dengan mobil, so far dari banyak mobil yang masuk list kami, hanya Toyota Agya yang mumpuni dan semua kebutuhan kami inginkan mulai dari super hemat BBM, modelnya yang cute gak malu-maluin, safety mobilnya yang mumpuni, so terorganisir dengan baik semua yang kami butuhkan.
sial, saya suka banget warna merahnya
sial, saya suka banget warna merahnya
Masalah kami berdua hanya 1 ijin cuti, apalagi kantor ane lagi lucu2nya dengan sosialisasi UU Desa. Dimana program bapake jokowi 1 desa 1 M, hulawala, bos saya lagi gak lucu dimintain cuti, semoga habis lebaran, impian kami terwujud.
Balik lagi ke rencana perjalanan kami, tidak benar-benar mengikuti rute anyer panarukan, karena ada beberapa kota tetangga yang wajib di sambangi, yang pasti dari kota-kota yang akan kami lewati kami mencoba menikmati sebisa kami, gak hanya numpang lewat, karena itu butuh sekita 2 mingguan. Yang pasti kudu kami sambangi disetiap kota adalah
  1. Alun-alun kota >> yeah setiap daerah punya alun2 kan, ini benar-benar sejarah banget. Setiap daerah di jawa pasti punya alun-alun di pusat kotanya. setiap alun2 punya desain yang berbeda-beda.
Alun-Alun-Kidul-Jogja-1-www.pwarta.com_ ALUN-ALUN MALANG alun-alun2 Alun-alun-kidul
  1. Masjid agung, karena sebelah alun-alun pasti ada masjid agung, pusat pemerintahan dan pusat bisnis. Masjid agung tiap2 daerah juga unik-unik.
Masjid-Agung-Banten masjid-agung-demak the_great_masjid_at_Semarang
  1. Candi –candi >> come on kami sudah bilang kan kami pengemar sejarah
  2. Keraton >> oh yeah
  3. Makanan daerah setempat yang gak turis banget, yang gak ada di buku kuliner manapun, karena berdasarkan pengalaman saya di malang yang masuk buku kuliner bukan makanan fav orang daerah setempat, saya dan rekan ingin sekali memakan makanan lokal yang biasa di makan orang lokal. Untuk itu kami sudah mulai sok kenal dengan orang daerah setempat bisa Tanya mana makanan enaknya.
Sedikit catatan
  1. Ada beberapa kota yang kami skip2, artinya karena kota-kota itu sudah sering kami kunjungi, jadi kebanyakan hanya akan kami lewati saja atau sekedar mampir sebentar.
  2. Tapi aka nada beberapa kota yang kami memutuskan menginap karena ingin explore lebih jauh.
  3. Wisata-wisata yang menarik perhatian kami tentu saja wisata sejarah (candi, makam atau goa) dan wisata alam yang alami, untuk pantai tidak begitu kami prioritaskan karena come on kami berdua pernah ke indonesia timur, jadi maaf sekali kami harus jujur, pantai di jawa …ya you know lah.
Untuk rute perjalanan
  1. Anyer
Km 0, Anyer
Start awal, walau hanya akan lewat saja, dikarenakan well kita sering kesini tapi kudu ke sini kan, lah namanya aja anyer-panarukan.
  1. Serang
Skip2…lewatin aje, paling mampir di alun2 dan masjid agung
  1. Tangerang
Skip2 ….. kami tidak berencana lama-lama dikota-kota dekat Jakarta, karena selain udah sering kesana, juga deket bisa kesana kapan saja.
  1. Jakarta
Untitled
kota benci2 rindu
Skip2 skip …we are jakartan.
  1. Bogor
c6dff4bee47088006e563f4a41a737bd d7889c1cc1059a1b4c52b216a0c6eac1
Skip2 juga karena kami sering ke bogor, keseringan bahkan, hamper tiap weekend aye ke bogor, sekedar nyidam talas atau stok alpukat. Dan piknik anyway.
  1. Sukabumi
055636_752732_Desy_Ratnasari
suka bumi identik dg desy ratna sari kan?
Oh yeah, mungkin ini akan jadi kota pertama yang kami akan menikmati. Berencana menginap disana, menjelajahi kotanya sebisa yang kami bisa. Berdasarkan list di blog ini, kudu wajib dikunjungi
http://masdonie.blogspot.com/2014/12/13-daftar-tempat-wisata-di-kota-sukabumi.html
yang menjadi top 3 yang wajib di nikmati adalah Taman Rekreasi Selabintana, Kampung Ciptagelar dan kawah ratu.
  1. Cianjur
Dalam list kami berencana 2 hari di cianjur ada banyak daftar list yang kami ingin kunjungi dan nikmati >> http://www.indowisata.co.id/2014/10/18-tempat-rekreasi-wisata-di-cianjur.html saya belum pernah ke cianjur dan sempat meremehkan kota ini. teryata pas googling gila mau lama2 dikota ini. banyak yang bisa di explore
  1. Bandung
Skip skip lagi karena udah terlalu sering…. Hehehe so sorry bandung.
  1. Sumedang
Skip –skip lagi, alasan yang sama, sudah terlalu sering. Paling hanya akan mengunjugi jejak Kaprabuan Sumedanglarang
10. Cirebon
Kota yang sedang in di kalangan penghuni kepadatan Jakarta. Well kami berencana menginap kembali dikota ini selama 2 hari. Daftar list kunjungannya ada disini >> http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-cirebon-yang-wajib-dikunjungi/ ada dua keraton yang wajib di kunjungi, dan kami bukan tipe wisatawan terburu-buru, jadi we give 2 day for Cirebon….hip hip huray
11. Brebes
Candi Pangkuan dan curug putri menjadi dua object yang kudu wajib disinggahi. Walau kami tidak berencana lama dikota ini.
12. Tegal
Calling calling warteg mania. Just it, kami juga tidak akan lama disini, yang pasti enjoy alun2 dan sholat di masjid agungnya going to be great.
13. Pemalang
Curug Cibedil akan menjadi persinggahan kami disini, selain mencari jejak sejarah kerjaan mataram dan perang diponogoro, kami berharap kota ini masih menlestarikan dua hal sejarah tersebut. Dan oh ya tentu saja Nasi grombyang, Lontong dekem dan Sate loso kudu wajib masuk perut.
14. Pekalongan
Batik pekalongan, well saya sebagai jawatimur sejati, walau bukan Madura, suka banget batik-batik dengan warna cerah, dan pekalongan bisa menjadi surganya batik-batik cantik, bukan?. Well kami berencana menginap semalam, dan enjoy the city very much
http://www.travelmatekamu.com/2014/11/29/7-tempat-wisata-di-pekalongan-yang-wajib-dikunjungi/
15. Kendal
Kopi cacaban menjadi to do drink di Kendal, secara kami berdua adalah kopi mania dan mungkin kami harus mengunjungi kebun teh medina. Oh ya rica-rica mentok, mangut lele, dan momoh kudu wajib coba ehhh bentar dan soto kendallllll #laperrrbangetbow
kota-kendal-300x224
16. Semarang
Semarang, kota panas gerah yang tidak pernah membosankan. Entah kenapa saya tidak pernah bosan dengan semarang, mau berkali-kali kesini, semarang selalu mempunyai banyak kenangan dan saya tidak pernah bosan. Nongkrong disimpang lima dan mejelajahi lawang sewu selalu membuat saya ingin kembali ke kota ini. Dan well kalau bapak saya tahu, saya kesini pasti titipan bandeng.
17. Demak
Demak, sejarah indonesia banyak terjadi dikota ini. Belum lagi peninggalan sejarahnya Masjid Agung Demak dan Makam Sunan Kalijaga menjadi lokasi wajib mampir untuk kulinernya saya sudah punya list dari Nasi Ndoreng sampai Asem-Asem Demak
18. Kudus
Soto kudus #eh selain soto legendaris itu, ada 2 makan sunan yang wajib dikunjungi walau saya bukan pengemar berat wali songo seperti bapak saya, tapi sebagai sok sejarahwan, makan sunan kudus dan sunan gunung muria wajib di kunjungi dan pasti semua tahu kalau kudus terkenal dengan kreteknya. Well kudus we must have some memories
19. Rembang
Rembang selalu mengingatkan saya akan kartini, well walau saya sekarang penentang kartini dijadikan icon pergerakan wanita indonesia, tapi jaman dulu kartini cukup menjadi idola saya. Tapi saya cukup bersemangat menelusuri kota kartini ini, melihat kenangannya dan pertama kalinya saya ingin mengunjungi pantainya. Well bukan karena keindahannya atau apa, hanya karena saya benar-benar ingin menelusuri sebanyak mungkin kartini dikota ini. Oh ya jangan lupa ada Petilasan Sunan Bonang.
20. Tuban
Saatnya melihat masjid colorfull Masjid Agung Tuban selain itu Klenteng Kwan Sing Bio dan goa Akbar menjadi tempat wajib dikunjungi selama dituban. Untuk makanan khasnya, well saya bisa khilaf kalau udah memasuki lingkungan jawatimur. Sebagai jawatimuran yang sangat tidak puas dengan masakan jawa timur di Jakarta. Bisa dibayangkan betapa khilafnya saya. Di tuban.
21. Gresik
Jujur saya saking banyaknya hal to do list di gresik saya belum benar-benar yakin mana saja yang kami kunjungi karena wisata alam, wisata tradisi, wisata ziarah dan wisata pusakanya benar-benar membeludak, saya rasa akan 2-3 hari dikota ini.
22. Surabaya
Bebek sinjay well saya sudah terlalu sering ke Surabaya, jadi rasanya akan banyak skip-skip
23. Sidoarjo
Lumpur lapindo tentu saja, saya sangat berbelangsungkawa dengan korban lumpur sidoarjo. Dan sidoarjo menjadi salah satu yang ke skiippp karena alasan yang sama. Sudah terlalu sering kesana.
24.Pasuruan
Pasuruhan menjadi salah satu kota skip-skip lagi. Saya pernah tinggal lama dimalang jadi pasuruan harus ke skip akan tetapi perjalanan sepanjang pasuruhan malang saya akan mampir sebentar ke candi2 di singosari
25.Malang
Bukan rute om Daendels tapi saya yang akan jadi sejarah kalo gak mampir pulang. Well yang pasti gak kemana-mana. Pulang kerumah tidur sepanjang hari dan makan bakso sebanyak yang saya bisa, karena belum nemu bakso yang bener di Jakarta.
berani gak mampir rumah.....bisa digasak om kumis
berani gak mampir rumah…..bisa digasak om kumis
26.Probolinggo
Yeaaaahhh kami akan segera sampai. Anyway bupatinya probolingo mayan cantik #eh. Well wisata probolinggo bisa dilihat disini keceh2 loh https://www.visitprobolinggo.com/tempat-wisata/ . yang pasti saya berharap bisa ke candi jabung dan untuk gunung saya skip gunung bromo karena bosen pengen nyoba Gunung Argopuro yang ada peninggalan purbanya peninggalan jaman purbakala berupa teras berundak yang terdiri dari 3 komplek area dengan 5 bekas bangunan di dalamanya. Selain itu ada banyak tempat menarik dari Air Panas Desa Tiris sampai gili ketapang.
27. Panarukan (Situbondo)
Panarukan01
Yahhh kita sampai, we did it….oh yeahhhhhhhhhhh. Taman nasional baluran dan pasir putih tentu saja wajib kunjungi. Well pantai pasir putih bukan karena pengen, cuman terakhir ke sana saat TK. Omg lama banget. Mengenang masa lalu lah. Banyak hal yang bisa dilakukan di situbondo dan banyak hal yang bisa dimakan juga. Sebagai rujukan bisa kesini. http://wisatasitubondo.com/ saya berharap bisa stay min 3 hari disini.

2._Jalan_raya_sepanjang_1_.000_kilometer_Anyer-Panarukan_pada_zaman_Pemerintahan_Gubernur_Jendral_Herman_Williem_Daendles_pada_tahun_1807-1810_silam_Well karena ini masih rencana perjalanan, jadi penyajiannya masih acak kadut. Berharap dream come true. Segera
Dan bila waktu dan tenaga memadai, kami ingin mendukung program kementerian pariwisata dengan title Banyuwangi discovery link terlampir http://www.banyuwangidiscovery.com/wisata siapa yang gak pengen ke banyuwangi ya gak,
Logo-ITdBI

Daftar gambar
  1. http://saalikkelana.blogspot.com/2010/01/tertulis-herman-willem-daendels.html
  2. https://aansetia.files.wordpress.com/2010/01/alun-alun2.jpg
  3. http://2.bp.blogspot.com/–ujDxbhFuA8/TenxbmAuHwI/AAAAAAAAADU/wBmefEibuhA/s1600/Alun+Alun+Kota+Gresik.jpg
  4. http://yogyakarta.panduanwisata.id/files/2014/10/Alun-Alun-Kidul-Jogja-1-www.pwarta.com_.jpg
  5. http://4.bp.blogspot.com/-TW8wcgGjdTc/TmBis9h0wcI/AAAAAAAAAG0/8OkXE-3jaTg/s1600/ALUN-ALUN+MALANG.jpg
  6. http://3.bp.blogspot.com/-veK0q9Xz1nc/T-E9ey3LnEI/AAAAAAAAAAU/W_4qOct6IjU/s1600/the_great_masjid_at_Semarang.jpg
  7. http://uniqpost.com/wp-content/uploads/2013/06/Masjid-Agung-Banten.jpg
  8. https://insandiri.files.wordpress.com/2009/08/masjid-agung-demak.jpg
  9. http://www.indonesiakaya.com/assets/imagesweb/_images_gallery/2._Jalan_raya_sepanjang_1_.000_kilometer_Anyer-Panarukan_pada_zaman_Pemerintahan_Gubernur_Jendral_Herman_Williem_Daendles_pada_tahun_1807-1810_silam_.jpg
  10. http://4.bp.blogspot.com/_489eq2paIw4/SadpqN1S7-I/AAAAAAAAASA/r0evr2XStpQ/s400/Panarukan01.jpg

0 komentar:

Posting Komentar